Berita  

Senyum, Salam, Sapa di SMKN 7 Jeneponto

Jeneponto, mediaukhuwah.id – Budaya senyum, salam dan sapa adalah pembiasaan baik dan harus dikembangkan, Senyum dapat mengurangi stress dan menambah teman. Salam dapat membuat orang saling menyayangi dan orang lain akan merasa senang dan merasa diperhatikan. Sapa merupakan sebuah penghormatan kita tehadap orang lain dan orang lain juga akan menghormati kita.

Pembiasaan Budaya 3S ini, banyak sekolah yang menerapkannya. Salah satunya adalah SMK Negeri 7 Jeneponto, seperti nampak pada hari Jum’at, 5/8/2022. Sejumlah Guru menjemput siswa di pintu gerbang sekolah, dengan pembiasaan 3S (senyum, salam, sapa).

Turut menjemput siswa, adalah wakasek kurikulum, Zulkipli T., “Adanya pembiasaan 3S disekolah membantu peserta didik untuk berakhlak terpuji saat bertemu satu sama lain, membiasakan untuk selalu tersenyum kemudian mengucapkan salam, selalu bersikap sopan, selalu berpakaian dengan rapi, dan bukan hanya di sekolah diluar lingkungan sekolah pun bersikap sopan santun dan ramah kepada orang tua”, kata Zulkipli

Lanjut Zulkipli mengatakan “Jika pembiasaan 3S ini, konsisten di lakukan, saya yakin dapat merubah perilaku yang kurang sopan menjadi sopan dan berakhlak terpuji kepada semua guru seperti berbicara dengan sopan menyapa guru saat bertemu”. tuturnya

Perlunya 3S dalam membangun hubungan yang baik antara guru dan peserta didik adalah agar terciptanya pembelajaran yang kompleks, yang tidak mengedepankan pengetahuan yang bersifat materi saja melainkan ditanamkannya sikap santun antar keduanya.

3S (Senyum, Salam dan Sapa)

Senyum adalah tanda dimulainya sesuatu ikatan yang secara tidak langsung telah terjalin adanya rasa ukhuwah. Memang benar dengan adanya senyum pada diri seseorang akan menjadi karisma bagi seseorang. Serta dengan adanya senyum pada diri akan menyembunyikan kedukaan seseorang. Maka tersenyumlah demi membahagiakan orang lain. Senyumlah dari hati dan akan kembali ke hati itulah indahnya senyuman.

Salam adalah ucapan yang terindah yang sering diucapkan sebagai bentuk rasa sayang dan doa pada sesama. Menyebarkan salam juga termasuk kewajiban sebagai seorang muslim. Dengan adanya salam antara muslim satu dengan yang lain saling mendoakan. Itulah indahnya salam.

Bagi seorang Muslim, sungguh ucapan ini jauh lebih baik dari sapaan-sapaan gaul atau pun greets ala barat. Karena saling mengucapkan salam akan menumbuhkan kecintaan terhadap hati sesama muslim serta dengan sendirinya membuat suasana Islami di tengah kerabat dan keluarga anda.

Sapa merupakan sebuah penghormatan seseorang tehadap orang lain. Ketika orang lain di sapa, mereka merasa dihormati. Sebaliknya, orang lain juga akan saling menghormati kita, Sapa akan membawa aura kebaikan Menyapa merupakan bentuk perilaku untuk menghargai satu sama lain, sapa dengan menyebutkan nama, sapa juga bisa berupa senyum atau salam. Tujuan dari penerapan sapa disekolah adalah untuk membentuk karakter siswa menjadi mudah bergaul dan saling mengenal satu sama lain.

Penulis: ZulEditor: Zulkifli Tompo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.